RSS

Move On

20 Jan

Move on atau berjalan terus adalah kata yang sering diasosiasikan dengan mulai menata hidup kembali pasca patah hati karena putus cinta. Saking lekatnya citra move on dengan putus cinta, begitu kita mendengar kata move on, pasti yang teringat dalam benak kita adalah dia udah mulai sembuh dari patah hati.

Padahal arti move on sebenarnya lebih luas dari itu. Move on tidak sekedar bangkit lagi dari patah hati tapi juga bisa berarti melupakan hal-hal buruk yang terjadi di masa lalu, mengambil pelajarannya, dan mulai hidup baru. Move on juga berarti menerima keadaan sekarang yang tidak bisa diubah lalu berusaha mengambil yang terbaik dari kondisi yang ada.

Semua orang pasti pernah berbuat kesalahan yang mereka sesali. Entah itu melibatkan orang lain atau kesalahan yang hanya berdampak pada diri sendiri. Bila kesalahan itu tidak bisa diperbaiki, tidak ada yang bisa diperbuat selain menerima bahwa diri ini pernah melakukannya lalu berusaha agar tidak mengulanginya.

Atau mungkin kita berada dalam suatu keadaan yang tidak kita inginkan. Lalu kita mulai berandai2 dulu tidak pernah berbuat begini sehingga tidak berada dalam keadaan ini atau dulu akan berbuat lebih baik agar tidak berada dalam kondisi ini. Lalu kita mulai melamunkan keadaan diri yang lebih baik. Namun, seindah apapun lamunan tersebut, kita tetap harus bangun dan menghadapi realita. Tidak ada gunanya berandai-andai. Dalam kondisi tersebut, ada 2 pilihan:
1. Menerima kondisi tersebut (berhenti menyalahkan diri sendiri atau orang lain karena menempatkan kita dalam kondisi tersebut) dan mulai menunjukkan kinerja terbaik sehingga suatu saat kondisi yang lebih baik akan datang.
2. pindah dari kondisi tersebut. Bila tidak nyaman dengan pasangan, misalnya dikasari, pindah ke lain hati. Bila tidak nyaman dengan pekerjaan, cari tempat atau pekerjaan lain. Bila tidak nyaman dengan tetangga, pindah ke lingkungan lain.

Pilihan manapun yang diambil, tetap langkah pertama yang harus ditempuh adalah penerimaan. Bahwa kita berada dalam kondisi ini (mungkin) karena kesalahan kita sendiri atau keadaan yang tidak bisa dihindari. Ibarat sakit, kita menerima kita sedang sakit dan ingin berobat agar sembuh. Hanya dengan penerimaan, kita bisa move on. Insya Allah.

 Image

 
1 Comment

Posted by on January 20, 2014 in Uncategorized

 

One response to “Move On

  1. mieun

    January 20, 2014 at 1:28 pm

    terima kasih atas tulisannya Bu, sangat menginspirasi. kebetulan saya sedang dalam kondisi ingin move on atas musibah yang saya alami :’)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: