RSS

Mudik Nyaman dan Aman? Ini Tipsnya

22 Jul

Beberapa hari ini bibi ART rumah kami selalu antusias membicarakan tentang rencananya mudik ke kampung halaman. Selidik punya selidik ternyata bibi akan ikut mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. Uniknya, mudik gratis yang diadakan Kemenhub juga mengakomodasi sepeda motor. Maksudnya? Para pemudik akan naik bis, sementara sepeda motor akan ditampung dalam truk khusus. Sangat bijaksana, menilik statistik kecelakan mudik tahun 2012, sebanyak 75.5% korban tewas adalah pengguna sepeda motor.

motor

Ingatan saya melayang ke kenangan mudik 2 tahun silam. Kami menempuh Depok-Bukittinggi sejauh 1391 km selama 3 hari perjalanan menggunakan mobil, melewati daerah berbahaya yang terkenal dengan bajing loncatnya. Total pulang pergi, menempuh waktu 6 hari, setelah itu saya tidak bisa lagi naik mobil tanpa merasa mual, selama sebulan lamanya. Anyway, berhubung tahun ini kami tidak mudik T_T , saya hanya akan berbagi tips mudik aman dan lancar kepada teman-teman.

Sebelum mudik:

1. Cari informasi mudik gratis😀. Bila teman-teman ingin bepergian dengan angkutan umum, alternatif mudik gratis bisa jadi pilihan yang cukup ekonomis. Selain kemenhub, pemerintah Jabar juga menyediakan mudik gratis. Vendor seperti CarrefourBNI,Hypermart, dan Telkomsel juga mengadakan mudik gratis, syarat dan ketentuan berlaku.

2. Amankan tiket anda, jangan sampai kehabisan. Tiket kereta sudah bisa dipesan 90 hari dari keberangkatan, dan bisa dipesan online, jadi tidak perlu capek2 antri. Tiket pesawat yang agak-agak tricky. Saya lihat harga tiket pesawat 3 bulan sebelum lebaran, sudah mahal, 3 kali lipat harga normal😦

3. Bila membawa mobil pribadi, wajib hukumnya check up mesin dan membawa spare part cadangan. Teman2 tidak mau kan tiba2 mobil mogok di tengah malam, di tempat bajing loncat beroperasi? Hii.. ceyem. Tapi musibah memang tidak bisa disangka, kita wajib menyiapkan payung sebelum hujan. In case, ada kerugian dan kerusakan pada kendaraan bermotor baik karena tabrakan, pencurian, kebakaran dll bisa hati jadi lebih tenang karena sudah ada asuransi kendaraan. Salah satu asuransi kendaraan kredibel adalah Garda Oto. Garda Oto menyediakan layanan Garda Siaga 24 jam yang memiliki jaringan bengkel dan kantor cabang yang luas. Kalau mobil mogok, tinggal telepon 500 112 atau sms ke 08118 500 112. No hectic. Enaknya kita bisa mendapatkan bonus bila tidak ada klaim selama masa perlindungan.

garda

4. Persiapakan semua barang bawaan. Belanja beberapa hari sebelum berangkat, karena h-1 pasti sibuk packing. Bawalah barang seperlunya. Barang bawaan terlalu banyak akan membebani mobil, bahaya.

5. Persiapan fisik dan emosi. Kondisi fisik pengemudi dapat mempengaruhi keselataman seluruh penumpang. Pastikan pengemudi tidur dengan cukup di malam sebelumnya (minimal 6 jam). Disamping fisik, persiapan emosi juga tidak kalah penting. Hendaknya pengemudi tidak dalam keadaan marah, terburu-buru atau dalam kondisi emosi yang kurang baik.

6. Bila harus menginap di hotel, lakukan reservasi sebelumnya, karena pada saat mudik, hotel di sepanjang jalur mudik biasanya penuh.

7. Beberapa hari sebelum mudik, buat daftar barang bawaan.

Hari H:

1. Sebelum berangkat pastikan rumah sudah terkunci, kompor sudah padam, dan listrik yang tidak diperlukan sudah dicabut. Kamu tidak mau kan, pulang mudik, rumah sudah kosong melompong atau terbakar ludes?

2. Susun barang berdasarkan skala kemungkinan terpakai di perjalanan. Barang seperti snack, air, tisu, uang sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah dijangkau.

3. Berdoa sebelum berangkat. Man proposes, God disposes.

4. Hati-hati mengemudi dalam cuaca buruk dan patuhi peraturan lalu lintas dan rambu jalan.

5. Seorang pengemudi sebaiknya jangan mengemudi terlalu lama. Idealnya setiap 4 jam istirahat atau digantikan oleh orang lain. Jangan paksakan mengemudi bila sudah terasa lelah.

6. Waspadai tindak kejahatan pembiusan dan tolak pemberian makanan/minuman dari orang tak dikenal.

7. manfaatkan posko mudik. Posko mudik biasanya menyediakan cek kendaraan, makanan, minuman, sampai kursi pijat.

posko

Dua tahun lalu, saya mudik bersama anak yang masih berumur 1 tahun, hmmm seru dan menantang. Ada beberapa tips agar mudik tetap nyaman, walaupun membawa bayi atau balita:

1. Periksakan bayi/anak ke dokter untuk memastikan dia dalam kondisi sehat untuk mudik. Tanyakan/siapkan obat2 yang diperlukan.

2. persiapkan mental. Membawa anak tentu lebih berat daripada sekedar membawa diri sendiri. Saat sadar bahwa si kecil bisa bosan dan rewel, afirmasikan pada diri sendiri “semuanya akan lancar2 saja”. Kebahagiaan saat si kecil bertemu keluarga akan menghapus kekhawatiran kamu.

3. keperluan anak sebaiknya selalu dalam fase siap sedia. Makanan, tisu basah, popok ganti hendaknya dapat dijangkau dalam waktu cepat.

4. siapkan hiburan atau ajak anak bermain agar dia tidak rewel

5. agar anak tidak sakit karena mudik, kebersihan sebaiknya selalu dijaga dengan hand sanitizer misalnya, atau menyediakan pakaian hangat, atau obat2an. Sebaiknya juga tidak membeli makanan/minuman dari pinggir jalan.

6. sering tanyakan pada si kecil (bila dia sudah mengerti), apakah dia ingin buang air, sakit perut, mual dll. Jangan lupa sering-sering memeriksa popok si kecil.

7. bayi berumur di bawah 3 bulan masih rentan mengalami pecah gendang telinga bila dibawa naik pesawat, karena perubahan tekanan saat landing/take off. Tapi kalau terpaksa naik pesawat, bayi bisa disusui atau ditutup telinganya dengan kapas.

Saya juga pernah bepergian jauh pada saat hamil 7 bulan. Aman dan nyaman, asal tau tips dan trick-nya:

1. Konsultasi ke dokter apakah kandungan cukup kuat untuk bepergian. Mungkin dokter akan memberikan obat penguat kandungan bila diperlukan.

2. Trimester kedua (18-24 minggu) adalah saat terbaik untuk bepergian jauh, karena masa itu sudah tidak mengalami morning sickness tapi kandungan belum terlalu berat. Jangan tiru saya yang udah hamil 7 bulan masih pergi2 ya :p

3. bawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Juga jangan lupa bawa multivitamin kehamilan.

4. Istirahat yang cukup.

5. Tetap jaga pikiran dan hati tenang dan senang. Kalau ibu tenang dan senang, dedek bayi juga senang kan?😀

6. Utamakan kenyamanan: kendaraan, pakaian, bawaan, hiburan.

Secara umum, barang yang perlu dibawa bisa menjadi penentu nyaman/lancarnya mudik. Berikut kira-kira barang2 yang perlu dibawa;

1. Obat2an pribadi: obat masuk angin, obat anti muntah, obat magh dll.

2. hiburan, seperti buku, vcd, games dll

3. peta/GPS (bila membawa mobil sendiri) Peta mudik biasanya bisa didapatkan di gerbang tol.

4. Travel charger untuk menjaga agar GPS/HP tetap nyala. Kita tidak pernah terlalu berhati-hati.

5. Baterai dan pulsa (untuk keadaan darurat)

6. kantong muntah dll

 Fiuhh, itu tips yang bisa saya share kali ini. Wah, banyak juga ya yang perlu disiapkan. Eitss, ga perlu stres dulu, nikmati saja perjalanan ini. Berjam-jam lamanya dalam kendaraan, kamu bisa ngobrol dan bercanda bersama keluarga atau teman seperjalanan. Dengan begitu, waktu perjalanan terasa lebih singkat dan hubungan jadi lebih dekat. Disamping itu, kalau kamu bosan macet di jalan, bisa sambil #ngaBlogburitMenulis itu menyembuhkan, daripada ngomel ke orang tidak berdosa, lebih baik nulis blog😀. Dan yang paling penting, utamakan keselamatan, tetap jaga emosi walaupun macet. Dan happy travelling.😀

The world is a book and those who do not travel read only one page.

sumber gambar:

1. 

2.

3. 

~Alhamdulillah, tulisan ini jadi salah satu pemenang di lomba ngaBlogburit blogdetik :). 

 
3 Comments

Posted by on July 22, 2013 in Uncategorized

 

Tags: , ,

3 responses to “Mudik Nyaman dan Aman? Ini Tipsnya

  1. istianasutanti

    July 23, 2013 at 1:49 pm

    panjang banget mer, tapi beneran bermanfaat, terutama bagian yang membawa balita hehe
    selamat yaaa sekali lagi😀

     
  2. Arif

    August 13, 2013 at 12:31 pm

    wah… saran yang bagus…. semooga yang nulis juga selamat di jalan😀

     
  3. Garda Oto

    October 9, 2015 at 8:00 am

    Nah bagi anda yang mau mudik perlu memperhatikan saran yang di ats demi keamanan dan kenyamanan anda selama dalam perjalanan.,http://gardaoto.marketing/

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: