RSS

Persiapan Perjalanan ke Seoul

01 May

Alhamdulillah dikasih sama Allah kesempatan untuk jalan-jalan ke Negeri Ginseng. Kesana dalam rangka presentasi di International Conference on Computing Technology and information management 2012, di Seoul. Ga lama, cuma 5 hari, termasuk 2 hari di jalan, jadi ada 3 hari untuk jalan2 di Seoul, termasuk waktu presentasi. Walaupun disana ada beberapa teman saya yang sedang menempuh studi, tapi ternyata lagi pada peak time, saya ga enak ngerepotin jadi lebih memilih jadi solo traveler. Berhubung sendirian dan ga pernah kesana sebelumnya, saya harus mempelajari banyak hal. Misalnya tempat mana saja yang akan dikunjungi. Dari banyak situs di Internet yang membahas tempat-tempat wisata di Korea, saya sangat terbantu dengan situs tentang Seoul city tour ini. Jadi, tersedia bus untuk mengunjungi tempat2 wisata di Seoul dengan membayar KRW 10.000 untuk sehari. Bus ini akan berhenti di spot tertentu, wisatawan bisa turun atau menuju spot berikutnya. Bus berikutnya akan datang menjemput 30 menit kemudian, sehingga wisatawan punya waktu setengah jam untuk eksplorasi spot wisata tersebut. Juga ada night tour, melihat kota Seoul pada malam hari.

Hal kedua yang saya pelajari adalah cara mencapai berbagai tempat di Seoul, dalam artian cara menggunakan transportasi umum: bus, taxi, subway. Yang paling murah adalah subway, maka itulah yang lebih saya dalami😀 . tutorial how to use subway bisa didapatkan pada link youtube berikut.

Belakangan, ternyata hal paling bermanfaat yang saya pelajari sebelum berangkat adalah cara menggunakan subway. Kenapa harus dipelajari? Subway di Korea terdiri dari 9 lines dengan puluhan station, untuk mencapai station tertentu kita harus tau turun di station mana, dan naik kereta yang mana. Namun, pertama-tama kita harus tau untuk pergi ke suatu tempat, station subway terdekat apa dan dari tempat sekarang berada, apa station terdekat. Lalu kita melihat ke peta subway. Cukup mirip dengan KRL di Indonesia, Cuma lebih banyak line dan proses transfer. Berikut petanya.

Bagusnya subway di Korea, ada banyak papan penunjuk arah, seperti ini:

Sehingga bagi saya yang sama sekali ga bisa baca Hangeul (tulisan Korea), proses transfer jadi gampang banget. Di dalam kereta juga ada 2 jenis peta terpampang di bagian atap dalam kereta, peta semua line subway seperti diatas dan peta hanya station2 pada line yang dilewati kereta itu, misalnya kita naik kereta line 4/warna biru, maka peta jenis kedua ini hanya menampilkan station-station pada line 4. Ini memudahkan kita untuk mentrack posisi kita saat ini. Juga ada fasilitas audio yang mengabarkan station berikutnya dan pintu mana yang dibuka (apakah kiri/kanan).

Hal lainnya yang perlu dipelajari adalah percakapan setempat, umumnya Korean agak terkejut bila setelah saya bertanya sesuatu atau minta tolong sesuatu bilang terima kasih dengan “kamsa hamnida”. Juga menyapa orang dengan “anyeonghaseyo” akan membuat mereka senang. It’s worth to study local language😀

Yang tidak kalah pentingnya adalah isu makanan. Gimana cara mencari makanan halal di Korea? Nah, situs ini sangat membantu. Zabiha.com memberikan informasi mengenai restoran-restoran halal di seluruh dunia. Di Seoul, kebanyakan restoran halal terdapat di Ittaewon, dimana mesjid satu-satunya di Seoul berada.

Satu lagi hal yang tidak kalah pentingnya untuk bepergian di Seoul adalah beli T-Money, sejenis kartu berisi pulsa untuk membayar tiket subway, bus, dan taxi. Dengan T-money, bepergian lebih gampang dan bisa mendapatkan diskon daripada setiap mau naik subway dan bus harus beli tiket lagi, bisa-bisa ketinggalan kereta terus😀

Hal lain yang dipelajari adalah cara mencapai hotel dari bandara, berhubung pesawat nyampe jam 10 malam, harus ada alternative moda angkutan. Jadi dari Incheon International Airport bisa pake bus, subway atau taxi. Berhubung taxi mahal, maka pilihannya adalah bus dan subway. Ongkos naik bus ke Myeong Dong adalah KRW 10.000, ongkos subway KRW 3950 tapi harus transfer sekali di Seoul Station ke Line 4. Bawa2 bagasi kynya repot kalo harus transfer, naik turun tangga di station, maka saya pilih bus saja.

Ga ketinggalan cadangan ransum kalau malam2 atau di jalan laper, jadi bawa pop mie dan kue. Tapi teh kotak yang saya bawa ga boleh lewat custom, Karena berupa cairan lebih dari  100 ml, jadi harus dibuang atau diminum semua, kembung deh😛 .

 
8 Comments

Posted by on May 1, 2012 in Uncategorized

 

8 responses to “Persiapan Perjalanan ke Seoul

  1. ajiprast

    May 2, 2012 at 9:36 am

    Seru perjalanannya.. btw, klo mau cari2 ttg info wisata atau perjalanan ke Korea, bisa juga melalui fanpage FB Korea Tourism Organization (KTO) Indonesia atau Twitter : @KTOJakarta. Di sana ada banyak info terkini ttg Korea, seperti wisata, transportasi di korea, makanan korea yg halal juga ada, trs info beasiswa, info home stay di Korea, dll — ada kuis2nya juga lho. Salam kenal ya🙂

     
  2. jimmy63

    May 15, 2012 at 6:40 am

    Wah serunya nih cc, saya ngimpi2 pengen ke Korea,,,
    btw dari info yg ane dapet katanya disana lagi ada Shuttle Bus Gratis + lagi ada diskon loh klo naik KTX buat turis asingg,, seru kan bisa ngirit ongkos hehehe ^^ dan juga ada diskon belanja jika menggunkan kupon diskon oleh KTO/VISITKOREAYEAR. Juga ada Expo 2012 Yeosu Korea dan Indonesia juga partisipasi disana, sekalian liat paviliun Wonderfull Indonesia disana.

     
  3. Ichiii

    December 2, 2012 at 3:34 am

    aku pengen ke korea T,T

     
  4. Jung Hyo Min

    January 12, 2013 at 11:01 pm

    Hihihi😄

     
  5. Yoky Liadinata

    February 15, 2013 at 4:24 pm

    Halloo.. pliss help🙂

    Saya akan ke korea awal maret. Sekarang lagi pegang US$. Nah, mana yang paling menguntungkan, saya tukar Rp ke Won atau US$ ke Won?

    Dan enaknya saya tukar uang di korea atau di indonesia saja?

    Please reply, thanks

     
  6. ikanofia

    June 18, 2013 at 11:02 am

    hem….. johayo..

     
  7. Restu Dewi

    March 29, 2014 at 5:24 pm

    terima kasih banyak infonya ya,,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: