RSS

Something about Feminisme

20 Mar

sumber gambar

Hari sabtu lalu, ada kajian di PPSDMS mengenai feminisme dan wanita indonesia. Agak aneh, bukankah selama ini fenimisme seakan menjadi duri dalam daging, sesuatu yang harus diluruskan, dalam pembicaraan maupun kajian2 islam? Paham fenimisme yang nyeleneh yang mempertanyakan kenapa dalam Islam tidak boleh imam wanita, ttg megawati yang tersandung dalam pemilu presiden karena gendernya, tentang jilbab yang dinilai membelenggu muslimah, keputusan beberapa aktivis feminis yang memutuskan untuk tidak menikah dan sederet pertentangan lainnya.

Alhasil, saya berangkat dengan niat menuntaskan tanda tanya di benak. Ternyata, inti dari gerakan feminisme adalah wanita memiliki kemerdekaan untuk melakukan sesuatu by choice, bukan by force. Gerakan feminisme menyuarakan kemerdekaan dan keadilan bagi perempuan. Ada begitu banyak ketidakadilan yang diderita oleh perempuan. Kekerasan dalam rumah tangga kebanyakan korbannya perempuan, human traficking serta yang terbaru adalah dating violence, kekerasan dalam berpacaran. Jadi, sang cowo mengancam akan mutusin pacar cewenya kalo tidak mau diajak berhubungan suami istri. Sang wanita yang takut akan status “tidak punya pacar” nrimo aja perlakuan cowonya itu, padahal bisa jadi cowo tersebut punya pacar lain. SI cewe lebih peduli sanksi sosial, berupa status tidak punya
cowo, daripada kesehatan reproduksinya sendiri. Ada penyakit menular seksual, girl. Ada kehormatan disana.

Selain itu, pernah dengar tentang tunjangan istri? bu Ida, pembicara kajian feminisme ini, mengklaim bahwa adanya tunjangan istri adalah hasil kerja dari kaum feminis. Duhai, para pria, anda2 semua bisa tenang bekerja di kantor karena anak2 diurus istri di rumah, sehingga pantaslah ada tunjangan untuk istri.

Sayangnya, pembahasan feminisme siang itu kurang menyentuh pembahasan dari sisi islamnya, satu hal yang dibahas adalah dulu seorang pria bisa punya beratus2 harem/selir, dan pengurangan menjadi empat saja adalah suatu bentuk penghargaan bagi perempuan, yang merupakan tujuan dari feminisme.

Bukan, bukan, saya bukan aktivis feminisme. Saya hanya menuliskan isi kajian sabtu lalu. Bahwa saya hanya ingin terbuka untuk wawasan baru, bukan apa2 sudah menutup diri. Bahwa feminis memperjuangkan keadilan bagi perempuan, saya setuju. Siapa yang ingin diperlakukan tidak adil? Siapa yang ingin haknya untuk berkembang terhalang karena terlahir sebagai perempuan atau laki2? Saya sebel banget waktu tau PPSDMS hanya untuk laki2. Itu tidak adil!! Beda halnya kalau saya tidak lulus karena tidak cukup qualified. Tapi tidak diberi kesempatan sedikitpun untuk mencoba? Hummpph… Pada saat PPSDMS sudah dibuka untuk wanita, saya udah lulus kuliah. Bukan rejeki. Sudahlah, postingan ini tidak untuk membahas PPSDMS.

Jadi kembali ke topik awal, seperti halnya segala sesuatu di dunia ini, ada pro dan kontra bagi gerakan feminisme. Saya mengutuk segala bentuk ketikadilan bagi siapapun, baik laki2 maupun perempuan. Bila itu yang diperjuangkan oleh kaum feminis, saya mendukung. Tapi bagi saya, kaum perempuan memiliki peran yang sangat mulia sebagai ummul madrosatun, madrasah pertama bagi anak2nya. Bila demi mengejar kesetaraan gender, peran ini terabaikan, sungguh sangat disayangkan.

 
3 Comments

Posted by on March 20, 2011 in Uncategorized

 

3 responses to “Something about Feminisme

  1. Nesya

    March 21, 2011 at 1:20 am

    Assalamu’alaykum mba Meri, mampir ni…🙂
    wah, sayang aku nda jadi datang ke sana… makanya, semestinya para feminis itu baiknya lebih mendalami Islam supaya paham bahwa Islam adalah Diin yang paling memuliakan kaum hawa🙂
    btw, aku habis ngobrol sama suamiku ttg rencana UC ngadain kajian rutin, beliau bilang kita bisa kerjasama dgn Lentera 20-nya PPSDMS lho… aku udah cerita ke Mba Fith

    tukeran link yuk mba, mampir ke blogku dan tinggalkan jejak di sana ya…🙂

     
  2. themask_1085

    March 21, 2011 at 6:43 am

    sangat suka dengan paragraf terakhir..

     
  3. Meri

    June 27, 2011 at 4:41 pm

    @nesya: hai, Nesya. Kabari2 ya kalo ada event2 lagi🙂

    @mas: :”)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: