RSS

Ayah yang menakjubkan..

26 Jun

Dari sebuah milis..

Imairi likes it  b(^^)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Ssst..tau gak siii ..? ternyata ayah itu MENAKJUBKAN. ..

Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan daripada dirinya, menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantung pada siapapun – dan (tapi) selalu membutuhkan kehadirannya.

Ayah hanya menyuruhmu mengerjakan pekerjaan yang kamu sukai. Ayah membiarkan kamu menang dalam permainan ketika kamu masih kecil, tapi dia tidak ingin kamu membiarkannya menang ketika kamu sudah besar.
Ayah tidak ada di album foto keluarga, karena dia yang selalu memotret. Ayah selalu tepat janji!

Dia akan memegang janjinya untuk membantu seorang teman, meskipun ajakanmu untuk pergi memancing sebenarnya lebih menyenangkan. Ayah akan tetap memasang kereta api listrik mainanmu selama bertahun-tahun, meskipun kamu telah bosan, karena ia tetap ingin kamu main kereta api itu.
Ayah selalu sedikit sedih ketika melihat anak-anaknya pergi bermain dengan teman-teman mereka.karena dia sadar itu adalah akhir masa kecil mereka. Ayah mulai merencanakan hidupmu ketika tahu bahwa ibumu hamil (mengandungmu), tapi begitu kamu lahir, ia mulai membuat revisi. Ayah membantu membuat impianmu jadi kenyataan bahkan diapun bisa meyakinkanmu untuk melakukan hal-hal yang mustahil, seperti mengapung di atas air setelah ia melepaskanya.

Ayah mungkin tidak tahu jawaban segala sesuatu, tapi ia membantu kamu mencarinya. Ayah mungkin tampak galak di matamu, tetapi di mata teman-temanmu dia tampak lucu dan menyayangi. Ayah sulit menghadapi rambutnya yang mulai menipis….jadi dia menyalahkan tukang cukurnya menggunting terlalu banyak di puncak kepala *_~

Ayah akan selalu memelihara janggut lebatnya, meski telah memutih, agar kau bisa “melihat” para malaikat  bergelantungan di sana dan agar kau selalu bisa mengenalinya. Ayah selalu senang membantumu menyelesaikan PR, kecuali PR matematika terbaru.

Ayah lambat mendapat teman, tapi dia bersahabat seumur hidup Ayah benar-benar senang membantu seseorang… tapi ia sukar meminta bantuan. Ayah terlalu lama menunda untuk membawa motor ke bengkel, karena ia
merasa dapat memperbaiki sendiri segalanya.
Ayah di dapur. Membuat memasak seperti penjelajahan ilmiah. Dia punya rumus-rumus dan formula racikannya sendiri, dan hanya dia sendiri yang mengerti bagaimana menyelesaikan persamaan-persamaan rumit itu.

Dan hasilnya?… .mmmmhhh…” tidak terlalu mengecewakan” ^_~   Ayah akan sesumbar, bahwa dirinyalah satu- satunya dalam keluarga yang dapat memasak tumis kangkung rasa barbecue grill. *_~

Ayah mungkin tidak pernah menyentuh sapu ketika masih muda, tapi ia bisa belajar dengan cepat.

Ayah sangat senang kalau seluruh keluarga berkumpul untuk makan malam…walaupun harus makan dalam remangnya lilin karena lampu mati.

Ayah paling tahu bagaimana mendorong ayunan cukup tinggi untuk membuatmu senang tapi tidak takut.

Ayah akan memberimu tempat duduk terbaik dengan mengangkatmu dibahunya, ketika pawai lewat. Ayah tidak akan memanjakanmu ketika kamu sakit, tapi ia tidak akan tidur semalaman. Siapa tahu kamu membutuhkannya.

Ayah  menganggap orang itu harus berdiri sendiri, jadi dia tidak mau memberitahumu apa yang harus kamu lakukan, tapi ia akan menyatakan rasa tidak setujunya. Ayah percaya orang harus tepat waktu. karena itu dia selalu lebih awal menunggumu di depan rumah dengan sepeda tuanya, untuk mengantarkanmu dihari pertama masuk sekolah

AYAH ITU MURAH HATI…..
Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisa memberikan apa yang kamu butuhkan…. .
Ia membiarkan orang-orangan sawahmu memakai sweater kesayangannya. ….
Ia membelikanmu lollipop merk baru yang kamu inginkan, dan ia akan menghabiskannya kalau kamu tidak suka…..
Ia menghentikan apa saja yang sedang dikerjakannya, kalau kamu ingin bicara…
Ia selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayar spp mu tiap semester, meskipun kamu tidak pernah membantunya menghitung berapa banyak kerutan di dahinya….
Ayah mengangkat beban berat dari bahumu dengan merengkuhkan tangannya disekeliling beban itu….
Ayah akan berkata ,, tanyakan saja pada ibumu” Ketika ia ingin berkata ,,tidak” Ayah tidak pernah marah, tetapi
mukanya akan sangat merah padam ketika anak gadisnya menginap di rumah teman tanpa izin Dan diapun hampir tidak pernah marah, kecuali ketika anak lelakinya kepregok menghisap rokok dikamar mandi. Ayah mengatakan,” tidak apa-apa mengambil sedikit resiko asal kamu sanggup kehilangan apa yang kamu harapkan”

Pujian terbaik bagi seorang ayah adalah ketika dia melihatmu melakukan sesuatu persis seperti caranya….
Ayah lebih bangga pada prestasimu, daripada prestasinya sendiri….
Ayah hanya akan menyalamimu ketika pertama kali kamu pergi merantau meningalkan rumah, karena kalau dia sampai memeluk mungkin ia tidak akan pernah bisa melepaskannya.

Ayah mengira seratus adalah tip..
Seribu adalah uang saku..
Gaji pertamamu terlalu besar untuknya…
Ayah tidak suka meneteskan air mata ….
Ketika kamu lahir dan dia mendengar kamu menangis untuk pertama kalinya, dia sangat senang sampai-sampai keluar air dari matanya (ssst..tapi sekali lagi ini bukan menangis)
Ketika kamu masih kecil, ia bisa memelukmu untuk mengusir rasa takutmu…ketika kau mimpi akan dibunuh monster… tapi…..ternyata dia bisa menangis dan tidak bisa tidur sepanjang malam, ketika anak gadis kesayangannya di rantau tak memberi kabar selama hampir satu bulan.
Kalau tidak salah ayah pernah berkata :” kalau kau ingin mendapatkan pedang yang tajam dan berkualitas tinggi, janganlah mencarinya dipasar apalagi tukang loak, tapi datang dan pesanlah langsung dari pandai besinya. begitupun dengan cinta dan teman dalam hidupmu, jika kau ingin mendaptkan cinta sejatimu kelak, maka minta dan pesanlah pada Yang Menciptakannya”
Untuk masadepan anak lelakinya Ayah berpesan: ,”jadilah lebih kuat dan tegar daripadaku, pilihlah ibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang lebih baik dari ibumu , berikan yang lebih baik untuk menantu dan cucu-cucuku, daripada apa yang yang telah ku beri padamu”

Dan Untuk masadepan anak gadisnya ayah berpesan :” jangan cengeng meski kau seorang wanita, jadilah selalu bidadari kecilku dan bidadari terbaik untuk ayah anak-anakmu kelak! laki-laki yang lebih bisa melindungimu melebihi perlindungan Ayah, tapi jangan pernah kau gantikan posisi Ayah di hatimu”

Ayah bersikeras, bahwa anak-anakmu kelak harus bersikap lebih baik daripada kamu dulu….
Ayah bisa membuatmu percaya diri…
karena ia percaya padamu…
Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik, tapi dia hanya mencoba melakukan yang terbaik….
Dan terpenting adalah…
Ayah tidak pernah menghalangimu untuk mencintai Allah SWT, bahkan dia akan membentangkan seribu jalan agar kau dapat menggapai cintaNya, karena diapun mencintaimu karena cintaNya.

Jazakallah bil jannah untuk setiap peluh yang kau teteskan, untuk setiap kerut dahimu yang tak sempat kuhitung, untuk setiap jaga sepanjang malam ketika aku sakit dan ketika kau merindukanku, untuk tumis kangkung paling lezat sedunia, untuk tempat duduk terbaik di bahumu yang begitu kekar ketika aku ingin melihat pawai, untuk tetes “air mata laki-laki “yang begitu mahal ketika kau khawatirkan aku, untuk kepercayaanmu padaku, meski seringkali ku hianati. Tak akan
pernah bisa terbalas segalanya, kecuali dengan …….jazakallah bil jannah, ” semoga Allah mengganti semuanya dengan syurga, semoga bisa kubayar dengan syurga yang Alloh beri, semoga…… ..” (amin ya Rabb)

Dan untuk semua yang sedang merindukan Ayah, ssssssssttt. ..! Tau gak siii? Ternyata ayah itu benar-benar MENAKJUBKAN!

~~

that’s for SURE.

 
18 Comments

Posted by on June 26, 2009 in Blogroll

 

18 responses to “Ayah yang menakjubkan..

  1. dani

    June 26, 2009 at 6:43 pm

    wow!.. saya suka sekali dg postingan yg satu ini.. Nice!..

     
  2. suharjono

    June 26, 2009 at 7:12 pm

    terharu

     
  3. rimphy

    June 27, 2009 at 12:17 am

    My dad never lost to me in chess, he taught me how to play instead. As I grow older, I learned that he had secretly ask my older brother to lost in his place. Now that’s amazing if you ask me. Dad should always look cool and smart no matter what. That’s why kids look up too them.

    “Bokap gw payah bgt, masa ama anak kecil aja kalah”

     
  4. Themask

    June 27, 2009 at 6:40 am

    Maha Suci Allah yg telah mengalirkan rasa kasih sayang dan cinta kpd ayah kita sehingga kita bisa seperti ini.
    Semoga pengorbanan beliau Allah balas dengan surga-Nya. Amiin :’-)

     
  5. maulinniam

    June 27, 2009 at 10:14 am

    tumben nih si aa’ belom kasih komen (awww,,, dijewer)

    hmmm,,, Ayah,
    dibalik kemarahannya, aku merasakan kasih sayang,
    di tiap larangannya, aku merasakan perlindungannya.
    Ayah, yang dengan tebusan nyawanya, Tuhan memberiku kesempatan kuliah.

    ~huuaaaaaaa,,,,, cediiiih,,

     
  6. agungfirmansyah

    June 27, 2009 at 7:40 pm

    No doubt about it.
    My father is my strongest rival.
    May be, my father’s quite different with yours.
    My father taught me everything. Told me all of the things. Because he knows that I don’t want to be taught nor listen to him. I always tell him that I have my own way, that I’ll never copy him.

    Hmm…,
    Now, I know that it is his way to push to be creative,
    to change from a bad boy to be a better man.

    ~curcol \(^o\) (/o^)/

     
  7. ahmad fajar firdaus

    June 28, 2009 at 7:25 am

    Nih, ‘am saya ngomment..
    Saya suka bagian ini :
    “Tak akan pernah bisa terbalas segalanya, kecuali dengan …….jazakallah bil jannah, ” semoga Allah mengganti semuanya dengan syurga, semoga bisa kubayar dengan syurga yang Alloh beri, semoga…… ..” (amin ya Rabb)”

    Bicara soal profile ayah.. saya suka profile ayahnya Clark di Film Smallville. Seorang ayah yang bisa mengutarakan perasaan hatinya dengan terbuka, menyatakan rasa bangganya, memahami setiap permasalahan anaknya, dan begitu pandai merangkai kata-kata penuh makna..

    However, My Mother and My Father is the best thing I ever had in the world.

     
  8. ahmad fajar firdaus

    June 28, 2009 at 7:35 am

    “Ayah akan selalu memelihara janggut lebatnya, meski telah memutih, agar kau bisa “melihat” para malaikat bergelantungan di sana dan agar kau selalu bisa mengenalinya. ” Bagian ini juga.. jadi inget ayah saya..

    Soal ikatan batin juga ternyata seorang ayah tidak kalah dari seorang ibu.. Masih inget cerita saya mer ? Cerita waktu pulang dari acara makan dari restoran Indonesia di Columbus.. Yang ayah saya keluar rumah malam-malam karena di tempat nun jauh di sana saya memanggilnya karena takut..

    Punya cerita yg sama ?

     
  9. jay

    June 28, 2009 at 2:32 pm

    saya sebagai salah satu dari banyak calon ayah mewakili calon2 ayah yang lain merasa senang ternyata kami akan bisa begitu berharga di hati anak2 kami nantinya (lebay nih), semoga benar2 bisa menjadi ayah seperti tulisan mba Meri di atas,,supaya ga kalah sama para ibu : P bukan ding supaya bisa dapat ridho dari Allah semata karena bisa merawat titipannya dengan baik : )

     
  10. indonesiaberprestasi

    July 12, 2009 at 2:44 pm

    yup, my father was really amazing..
    such a responsible man
    meninggalkan kami setelah mengajarkan banyak hal
    teringat kado terakhir di hari ulangtahunku yang membawaku untuk kuliah di jurusan ini..
    teringat pas main kuda2xan di pangkuannya
    dan ketika jarinya terkilir ketika ingin menyentilku karena nakal

    but,, still
    banyak banget pelajaran darinya
    untuk jadi seorang yang jujur walaupun situasi sulit (beliau hakim..)
    untuk gak terlalu banyak omong dan menunjukkannya dengan tindakan
    etc..

    now, i really miss him..
    but only can pray for him
    udah ah hehe😀

     
  11. yang punya masluqman.com

    July 12, 2009 at 3:15 pm

    hiks hiks…. terharu..
    jadi inget bapak…
    semoga kelak bisa menjadi ayah yang baik😀

     
  12. someone

    September 10, 2009 at 5:01 am

    cerita yang bagus.. i hope my father like that too.. but i guess not every father like that..

     
  13. fira

    September 15, 2009 at 12:59 pm

    Subhanallah…
    walaupun mungkin kedengeran lebay buat orang lain, tapi saya menitikkan air mata baca post ini..
    KEREN BANGET!!!

     
  14. Ibnu Zain

    September 15, 2009 at 1:17 pm

    Speechless, yang jelas ku kagum, Kak Meri bisa nge gambarin seorang ayah dengan begitu gamblang dan puanjaaaang, serta mengharukan.
    ~bisa ga yah sebagai seorang calon ayah bisa jadi kayak gitu?🙂 aamin semoga.

    Jazakillah. maat taufiq ya ukhti.

     
  15. Agi cHan

    September 25, 2009 at 2:12 pm

    Gw jadi nangis, Mer.. Kerasa bgt betapa beliau baik ke kita.. Thx 4 remind me.. ^^

     
  16. mustaqim

    December 6, 2009 at 2:54 pm

    bkin nangis
    trhru jdi nya . . .
    I LOVE YOU FATHER . . .

     
  17. Ridho

    January 23, 2010 at 7:37 pm

    tampang gw mang rada sangar cuma sehabis baca tulisan ini kesangaran gw pudar
    uedhan bener dah ni tulisan (lo bisa bikin gw nangis berkali-kali dalam waktu singkat),miss you dad…

     
  18. danner

    June 29, 2010 at 7:48 am

    aku akan segera menelepon ayah….aku rindu pada masa2 di mana aku membutuhkan perlindunhannya.kini ayah ku sudah renta…tapi dia ayah paling sabar di dunia.dia tak pernah marah meskipun anak2nya sering kali membantah perintahnya…….wah jadi berurai air mata nh habis baca di atas….memang belakangan ini jarang sekali bertemu ayah……ayahku di desa.dia tiggal sendiri.karena ibuku sudah tiada…….ayah aku rindu padamu………

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: