RSS

Pre-Departure Orientation

12 Mar

Wisma PKBI Jakarta, 23 Februari 2009

Di depan Wisma sudah berkumpul banyak orang sepantaranku. Wah jangan2 mereka, pikirku  sambil berjalan menghampiri. SKSD mode on. Yihaa Ternyata benar. Kenalan satu2, pada mo foto visa di Globe photo studio Agus Salim. Barengan saja, nebeng mobil paman Oji.

Butuh berkali2 aksi puter balik untuk menemukan studio fotonya, beginilah nasib para calon model. Ketentuan foto visa Amerika Serikat adalah foto warna 5×5 cm, background putih tidak bercorak, wajah menghadap lurus ke kamera dengan telinga terlihat, boleh memakai penutup kepala dan leher.

Malamnya adalah perkenalan. untuk Pre-Departure Orientation (PDO) kali ini ada 30 orang yaitu 20 orang ke Ohio University bulan April dan 10 orang ke Syracuse uNiversity (New York) bulan Mei. Oh ya ampun, aku tidak sanggup melihat video perkenalannya tanpa tersenyum geli. Lucu2 sekali, unik, beragam. Ada sultan dari Mataram yang terus pura2 jadi “sultan” (mandi ya, Sultan😛 ), triyo si ketua yang panikan dari Banten, Indri “lucu banget”  dan Mariamah Karpov dari Semarang, Mirza sang Duta Baca 2008 dari Aceh, uni Lidia dari Padang, Fajar si tukang listrik jajaka Bandung, Apri dan Ni’am abdi dalem Jogjakarta, Anggi dari Lampung,Kiki “Ponari Sweat” Jombang, Ratna (bersama Lidia, kami membentuk trio Minang😀 ) dan Tere dari Bogor,Hendro Arek Suroboyo asal Lombok, Oj(o lal)i dari Borneo yang udah “berkeluarga”, Winda sobat Bengkuluku teman senasib sepenanggungan, Obet dari Flores/Jember the gangster, Alul Salatiga, dan Zul dari Riau.

Selasa 24 Februari 2008

Berbekal dari tiap kali menyinggung PDO selalu ada pesan “kalian tidak boleh telat!!” dan berhubung membahasnya tidak cuma sekali, pagi itu setelah sarapan jam 5.30, semua siap berangkat jam 6 pagi lewat. Alhasil  nyampe di Hotel Acacia jam 06.30. Sisi baiknya adalah tidak telat (fiuhh). Di sisi lain, kepagian satu setengah jam dari acara yang mulainya jam 8 itu. Ya, untuk membunuh waktu, terpaksalah kita foto2.. sampe dimarahin satpam karena ngalangin jalan.

Jam 8 mulai PDO dengan diskusi bareng Mrs. Anne Grimes (Cultural Atache  of US Embassy), ibu Irid Agoes direktur IIEF dan Pak Asmir Agoes. Diskusi berlangsung seru, terutama saat membahas praktik Islam di Amerika. Setelah beberapa kali lempar2an bola, topik tersebut ditutup dengan jurus pamungkas dari Mrs. Grimes “Kalian bukan mahasiswa Indonesia atau muslim pertama di Amerika, apalagi di Ohio banyak mahasiswa Indonesianya, so just relax, you’ll be okay.” Ditambah bu Irid yang menyatakan: “seminggu lalu saya baru duduk semeja dengan Hillary Clinton dan saya memakai jibab saya ini. it’s Ok tuh.” Antiklimaks yang tepat.

Diskusi berlangsung ke arah yang lebih santai seperti bagaimana melempar joke ke American atau saat ada yang khawatir American mencap buruk orang Indonesia. Mendengar jawabannya, aku menarik nafas lega sekaligus tragis saat lagi2 jawabannya adalah American tidak banyak tahu tentang Indonesia, mereka lebih tahu Bali, bahkan bertanya apakah Indonesia bagian dari Bali? Pertanyaan yang tidak asing sebenernya, tapi cukup menggelorakan semangat untuk menjajakan Indonesia ke mata dunia. Saat ini sedang seru2nya membahas Indonesian Nite, dimana kita bisa menampilkan show apapun untuk mengenalkan Indonesia. Ada beberapa ide, yang harus dipertimbangkan masak2 sampai gosong agar jangan sampai acaranya kriuk..kriuk. Adakah yang punya ide? Mau Beng-Beng?

Yang paling asyik dari PDO tentu saja Cofee break dan makan siangnya.  huehehe…tambuah ciek. 

Lanjut dengan sesi sharing bersama Alumni: Mu’ti dan Riza mewakili Ohioan dan Yudha membawakan Syracuse.

Waktu yudha maju, kog berasa familiar ya. Saya nanya padahal dia lagi sibuk ngutak-ngatik filenya tuh “mas, yang dulu calon wakil ketua BEM UI bareng Farid kan ya?”. Dianya ngangguk. Oh, Ok..ok penasaran aja.

Rabu, 25 Februari 2008

Medical check up di Wisma dengan tim dari Omni Hospital. Biasa, ada tes urin, tes mata dan buta warna, tensi, rontgen, EKG, dan pemeriksaan fisik. Karena jam 11 udah selesai, ada yang ke Kwitang dan ke Sea World.

Wah, ini pertama kalinya saya pergi ke Sea World. Seru juga ternyata. waktu ada penyelam yang lewat, kita melambai2 sambil ketawa kesenengan. Persis anak TK. Katanya akan ada Anaconda coming soon. wuahh…

Ga bisa lama disana, karena harus balik dan istirahat untuk hari esok, salah satu hari dimana nambah lagi hal2 baru dalam hidupku. Terlelap, tak sabar menunggu fajar datang. Zzzz…

To be continued….

 
10 Comments

Posted by on March 12, 2009 in Uncategorized

 

10 responses to “Pre-Departure Orientation

  1. agungfirmansyah

    March 12, 2009 at 10:24 am

    Sampai jumpa Mer….😦

    Jadi sedih. hiks…hiks…

     
  2. franova

    March 12, 2009 at 11:55 am

    coba bawain salah satu kebudayaan indonesia yang menarik aja len. misal, saman, angklung, gerartiamelan, dll
    hmm, berarti waktu latihannya kurang lebih sekitar 3 mingguan ya?
    mudah-mudahan lancar..amin..

     
  3. franova

    March 12, 2009 at 11:56 am

    duh keyboardnya error..maksudnya gamelan tuh yang di atas.

    ~maaf, jadi nyampah.. :p

     
  4. irvan

    March 13, 2009 at 3:13 am

    jangan lupakan kami yang Indonesia…hik hiks…

     
  5. nur

    March 13, 2009 at 5:17 am

    “..wajah menghadap lurus ke kamera dengan telinga terlihat”

    Hmm, ada apa dengan telinga yang harus terlihat? dulu waktu jaman SD, foto buat ujian nasionalnya harus memperlihatkan telinga
    Kenapa ya?

     
  6. lia

    March 13, 2009 at 6:31 am

    @nur..
    biar bener” yakin kali klo yang dipoto punya telinga.. ga cacat..
    ~hehe.. asal..

     
  7. indonesiaberprestasi

    March 13, 2009 at 4:57 pm

    love to see u happy my friend🙂

     
  8. maulinniam

    March 15, 2009 at 2:59 pm

    ck,,ck,,
    masi inget aja every second moment there

    ofcourse, i wrote it for my every single mate, include you.
    as if i could be the wind, blow the cloud from ur heart.

    please do,

     
  9. Meri

    March 16, 2009 at 2:57 am

    @Agung: masih belum berangkat, Gung. insya Allah nanti saya rajin apdet blog, walo isinya curhatan doank. Tumben niy Agung sedih hehe 🙂

    @Franova: Mungkin saja. Ga bisa latihan disini. Untuk sementara ide Indonesian Nite sedang di pending. Idenya bagus, Thank banget, Smile.

    @irvan: Tak akan kulupa, cuma dua bulan kog, Van. Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, this is where we belong.

    @Nur: ya, itu sedang diperjuangkan Ibu Irid Agoes, direktur IIEF, karena ke negara lain boleh aja ga keliatan telinga.. mari kita bantu doa

    @Lia: hehe… kalo ga punya telinga gimana, ya?

    @indonesia: Love to see you happy too, balik April atau Mei, Len?

    @Ni’am: masih inget dan ga pengen lupa, makanya didokumentasikan, merekam jejak langkah dengan tulisan.

    I am not cloudy anymore, now the rainbow is happen to appear, insya Allah.. 🙂

    you know, Ni’am. I. Am. Really. Really. Excited..
    I believe, so are you.🙂

     
  10. affirdaoes3

    May 28, 2009 at 10:33 am

    Saya kok disebut tukang listrik ? Bukan tukang listrik tapi tukang chip.

    Lucu juga ya, meri dah inget semua nama, asal, n julukan dari semenjak PDO. Saya mah di PDO ga banyak yg saya inget.

    Pas pertama ketemu lagi sewaktu mau naik pesawat, saya hampir lupa nama semua anak2 perempuan.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: