RSS

Take and Give

03 Nov

Baginda Nabi menganjurkan agar sering memberi hadiah, “saling memberi hadiahlah kamu maka kamu akan saling menyayangi”.

Kalo kita diberi hadiah, kita disunnahkan untuk membalasnya dengan yang lebih baik, minimal yang setara. Kalo ga punya apa2 untuk membalasnya, setidaknya balaslah dengan doa.

Aa Gym menyitir salah satu dialog pada film laskar pelangi tentang hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima sebanyak-banyaknya. Kenapa? Karena semakin sering menerima semakin rendah derajatnya. Semakin sering memberi, semakin tinggi derajatnya. Kita sangat familiar dengan “tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah”, kan?

Itulah sekelumit ceramah Aa Gym di mesjid Al Fauzien 20 Oktober 2008 yang lalu. Insya Allah malam ini, Senin 3 November 2008 abis isya ada lagi kajian Makrifatullah. Dikit banget, ya? Sorry deh.😛

 
7 Comments

Posted by on November 3, 2008 in Islam

 

7 responses to “Take and Give

  1. yanssukmapratama

    November 3, 2008 at 9:20 am

    alhamdulillah ada yang bikin dokumentasi.
    jadi bermanfaat buat yang berhalangan hadir.
    ditunggu lagi catatan berikutnya ya.
    hehe.🙂

     
  2. Meri

    November 4, 2008 at 1:22 am

    @yans: ye malah minta catetan. dateng dunk. insya Allah saya bikin notulensinya yang semalem…
    walo saya yakin ga nyampe stengah dari pemahaman materi. suasananya itu loh, belum intonasinya…
    ga tertandingi sama notulensi..

     
  3. yanssukmapratama

    November 4, 2008 at 6:05 am

    setuju setuju.
    memang beda membaca dan mendengarkan secara langsung untuk urusan yang satu ini.
    Kalo dateng langsung, si AA suka nyalurin ‘tenaga dalam’nya ke orang yang dengerin.🙂

     
  4. Anita

    November 7, 2008 at 2:45 am

    udah lama nih mer saya ga dateng… boleh juga tuh kalo meri selalu membuat dokumentasinya… berbagi ilmu…. hehe

     
  5. agungfirmansyah

    November 7, 2008 at 1:17 pm

    Inget tulisan ente yang lalu (sekian bulan lalu maksudnya…😀 ). Kalau lagi perang, salah satu cara ampuh untuk berdamai adalah saling menyogok.

    Ya…, bahasa aga halusnya dikit. Kalau lagi berselisih paham, mari jadikan hadiah sebagai pelunak hati.😀

    ~Jadi inget hutang saya saat mau balik ke depok….🙄

     
  6. Berli

    November 17, 2008 at 10:47 am

    Hmm..iya tuh,
    kaya prinsipnya seorang petinju juga,
    “Lebih baik memberi daripada menerima”
    Hehehe…

     
  7. suharjono

    December 13, 2008 at 6:06 am

    lebih tepatnya GIVE and TAKE

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: