RSS

kau aman bersamaku…

07 Jul

Seorang salesman menghampiri seorang wanita yang sedang menyapu halaman di sebuah rumah mewah.

“Bi, tuan rumahnya ada?”

“BIBI, BIBI !! Saya tuan rumahnya..”

“alaahh.. bibi jangan ngaku2 deh..”

“saya nyonya disini!!”

“udahlah, Bi. Saya tahu bibi pengen punya rumah kaya gini, tapi jangan ngaku2 lah. Ayo tolong panggilin tuan rumahnya… ayo…”

“eh..dibilangin SAYA TUAN RUMAHNYA!!”

“ah.. udahlah saya ga mau lagi… ”

Sang Salesman cabut.

Cerita itu didongengkan Aa Gym dengan sangat kocak Senin 30 Juni 2008 lalu di Mesjid Al Fauzien, Gema Pesona Depok. Haha… asli kocak banget meraninnya.

Jadi, Aa Gym membahas bahwa terkadang kita ketinggian menilai diri sendiri. Disangka Bibi marah, padahal apa salahnya. Itu karena si nyonyah menganggap tinggi dirinya. Kalo udah tahu dosa2 dan aib kita, ga ada lagi perasaan ingin dihormati. Padahal bisa jadi si Bibi lebih mulia dari nyonyanya. Sangat “beruntung” pembantu RT yang dapet nyonya galak. Misalkan si Nyonya baru balik Haji, pulang2 ngomel2 sama pembantunya.

“KAMU INI KERJA GA BECUS” wah, ngalir tuh pahala tawaf ke bibi.

“BLAH BLAH !!” ngalir lagi pahala sa’i.

Sang Pembantu dengan sabarnya bilang “wah.. terus, Nyah, terus..”

Jadi, nanti di hari Pembalasan, akan ada sesi pertanggung jawaban ke sesama manusia. Saat giliran si nyonya akan ditanya “siapa yang sewaktu dunia pernah dizalimi sama orang ini?”

Maju sang Bibi.

Semua penderitaan yang dialami si bibik, diganti sama pahala si nyonya, kalo ga cukup sebagian dosa si bibik dipindah ke si nyonyah. Waduh, nanggung dosa sendiri aja belum tentu kuat, ditambah lagi sama dosa orang lain. Bayangkan aja berapa banyak orang yang pernah kita zalimi, dimintai pertanggungjawabannya satu2. udah amal dikit, kadang masih bercampur riya, dipreteli lagi.😥 . Temen2 yang pernah terzalimi oleh saya, mohon maaf ya. kalo sempat, tolong diingetin.

(btw, ini ceramah Aa Gym, ada bagian yang saya agak ga ngerti disini, kapan2 deh dibahas).

Kalo kita menzalimi orang lain, berarti kita sedang mempersiapkan zalim ke diri sendiri. Jika menyelamatkan orang lain, maka kita sedang menyelamatkan diri kita sendiri. Salah satu sarana menzalimi orang lain adalah saat marah. Trus gimana nahan marah? Ga tahan aja bawaannya.

trus gimana dunk?💡

Diam dan pindah posisi. Kalo berdiri, duduk, kalo duduk, baringan. Tapi jangan baringan di tengah pasar ya, kalo tersinggung sama penjual. 😛

diam? mmm… 😕

Sebab kalo kita ngomong, masalah sejengkal jadi sedepa, sedepa jadi sehasta, sehasta jadi sekilo, diincrement sendiri ya. Kalo menghadapi orang marah, ya diam saja sambil zikir dalam hati.🙂

ini tips dari Aa Gym:

  1. Kalo ga bisa berbuat baik, jangan berbuat buruk. Jangan ganggu orang.

Ingat 3A : aku aman bagimu, aku nyaman bagimu, aku bermanfaat bagimu.🙂

  1. Kalo berani, Tanyakan kesalahan ke orang2 terdekat dan hisab diri sendiri sebelum dikerik sama Allah SWT dengan cobaan dan ujian (buat meluruhkan noda2 jiwa).
  2. Luangkan waktu I’tikaf di mesjid, dan koreksi diri. Pas sudah memasuki bulan Rajab, sebentar lagi Sya’ban akhirnya Ramadhan. (btw, bulan rajab banyak keutamaannya ya, puasa yuu, yuu mari…)

Asmaul Husna yang dibahas adalah As Salam yang artinya Maha Penyelamat. Implementasinya, saat kehadiran kita bisa berkata “kau aman bersamaku…”

Ya, jadi sekian saja sedikit liputan. Kajian selanjutnya tanggal 21 Juli 2008, setelah isya. Sayang, insya Allah, saya lagi di Bukittinggi, yang datang, tolong transfer ilmunya ya. Wallahu’alam bishowab.

 
16 Comments

Posted by on July 7, 2008 in Islam

 

16 responses to “kau aman bersamaku…

  1. franova

    July 7, 2008 at 1:50 pm

    ralat mer..
    Quote: “Cerita itu didongengkan Aa Gym dengan sangat kocak Senin 30 Juli 2008 lalu di Mesjid Al Fauzien, Gema Pesona Depok. Haha… asli kocak banget meraninnya.”

    itu maksudnya 30 juni 2008 kan ya?

    btw, tertarik juga..transportasi ke sana bagaimana mer..nggak jauh dari Margonda kan ya?

     
  2. agungfirmansyah

    July 7, 2008 at 7:37 pm

    Saya mulai dengan minta maaf ya Mer m(_ _)m. Rasanya, terlalu sering saya ngisengin orang, including you.

    Kalau ngeliat/tau saya mulai menunjukkan gelagat aneh/nakal/isengnya lagi kumat, minta tlg bantuin ngingetin ya. Mg2 bisa diingetin.

    Tengs for your nasihat Sist…

     
  3. Meri

    July 8, 2008 at 1:21 am

    @Smile: iya, Smile. diralat.
    kalo naik angkot: angkot apa aja yang ke terminal Depok, berhenti plaza Ramayana. Jalan masuk ke perumahan itu, di sebelah kirinya. Trus lurus, ikutin jalan, belokan pertama belok kanan, lurus, mentok, belok kanan, nyampe mesjid Al Fauzien.

     
  4. Meri

    July 8, 2008 at 1:23 am

    @agung : yeah, sama2 minta maap deh.

     
  5. Bang Ganteng

    July 8, 2008 at 3:36 am

    hmmm, udah gw maafin mer, tenang aja, wok wok wok

    3A deh mer

     
  6. fitrirachmawati

    July 8, 2008 at 4:42 am

    dah masuk bulan rajab ni,, biar ibadah-ibadahnya makin berkah, maaf-maafin fitri ya kak.. (hehe adek A2I-mu ini mang suka bandel..)😀

     
  7. Meri

    July 8, 2008 at 5:21 am

    @ kemal :🙂
    update tuh, blogna…

     
  8. Meri

    July 8, 2008 at 5:22 am

    @fitri : sama2, Fit. 🙂

    btw, kepikiran, kadang2 kalo lagi nuansa gini, minta maaf ke semua orang, tapi kalo lagi futur banget, bikin kesalahan lagi.

    hhhh…. yah berproses lah.

     
  9. leonny

    July 8, 2008 at 7:52 am

    assalaamu’alaykum mer

    (btw, bulan rajab banyak keutamaannya ya, puasa yuu, yuu mari…)

    maksudnya banyak keutamaannya?keutamaan apa mei?

    yg sy th ulama sepakat g ada hadits shahih mengenai keutamaan bulan rajab.. hadits2 yg beredar n populer itu semuanya palsu… ups, hati2 sama hadits palsu

    seep, setuju meningkatkan ibadah, tmasuk banyak puasa… tp jgn lupa mengikuti sunnah coz syarat ibadah diterima adalah ikhlas krn Allah Ta’ala n mengikuti Sunnah Rasulullaah Shallallaahu ‘alaihi wa sallaam😉

     
  10. leonny

    July 8, 2008 at 7:58 am

    sedikit sunting: hadits2 tentang keutamaan bulan rajab dan sya’ban palsu dan lemah

     
  11. agung

    July 8, 2008 at 10:05 am

    assalamualaikum wr wb

    @ Onny & Meri
    Wah, lemah ya. Memang hadistnya yang mana ya? Saya bener2 belum research ttg hal ini. Saya cuman tau tentang doa yang menyambut bulan Rajab itu saja.

    @ Meri
    Itu ikhlas g Mer? Kok pake deh?😦

     
  12. leonny

    July 10, 2008 at 7:59 am

    wa’alaykumussalaam wa rahmatullaah wa barakaatuh

    mengenai hadits palsu seputar rajab, sy copas ke site sy:http://kopitawar.wordpress.com/
    dan silahkan dicari, banyak ko yg bahas…

    lalu saya coba mencari2 riwayat mengenai do’a tentang bulan rajab..kebanyakan yg sy dapatkan di internet tanpa riwayat kalo pun ada, ga ada keterangan klo do’a itu dr hadits yg shahih.. dan setelah lama mencari2 sy malah mendapatkan keterangan-keterangan kalau do’a itu riwayatnya lemah (sebelumnya jg pernah dengar dr ustadz klo haditsnya lemah tp ga hafal keterangannya):
    http://thetrueideas.multiply.com/journal/item/722
    atau kl bs bahasa arab:
    http://saaid.net/Doat/Zugail/57.htm ^_^

     
  13. muhammad.mishbah

    July 10, 2008 at 8:42 am

    yang penting waktu ga bisa berbuat baik jangan berbuat buruk kan ya? wah wah.. ck ck..i pledge one dah!

    tukeran links yuks.. ta’ tambahin duluan ya..
    syiiP!

    wassalam

     
  14. leonny

    July 10, 2008 at 9:38 am

    Keutamaan Bulan Rajab ialah ia bulan haram dan tidak ada keutamaan selain itu -Allaahu ‘alam-:
    http://rumahkasihsayang.multiply.com/journal/item/81/Tidak_ada_ibadah_khusus_dibulan_Rajab

    Rajab adalah salah satu dari empat bulan haram (suci) di dalam Islam. Disebut dengan bulan haram karena pada bulan-bulan ini kita dilarang berperang, selain juga melakukan kedzaliman padanya lebih terlarang dibanding dengan bulan-bulan yang lainnya. Tentang hal ini Allah Subhanahu Wa Ta’aala berfirman, yang artinya:

    “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu” (QS. At-Taubah:36)

     
  15. leonny

    July 10, 2008 at 9:45 am

    @Agung:wa’alaykumussalaam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

    mengenai hadits palsu bulan rajab sy copas ke site sy: http://kopitawar.wordpress.com/

    lalu mengenai do’a itu, sebelumnya sy bingung gmn riwayatnya.. ga tlalu ingat pnah denger seorang ustadz bilang dalilnya lemah…
    lalu setiap do’a itu disertakan di artikel2 yg sy lihat di internet kebanyakan tidak menyertai keterangan keshahihannya, sy tanya teman yg membacanya jg ga yakin…eh, yg malah sy dapatkan kebanyakan menyatakan bahwa hadits dr do’a tsbt ternyata lemah…

    silahkan dibaca di antaranya:
    http://thetrueideas .multiply. com/journal/ item/722
    atau
    http://saaid. net/Doat/ Zugail/57. htm
    (bahasa arabnya sbg ref aj ^_^)

     
  16. Meri

    July 11, 2008 at 10:12 am

    @leonny: puasa 27 Rajab gimana?
    aku link yah…

    @ agung dan leonny: makasih niy, diskusinya semoga bermanfaat

    @mishbah : udah di link tuh..
    nanti saya rajin blogwalking deh kesana, rajin ngapdet ya, pak😀

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: