RSS

KP dan talkshow reproduksi

13 Jun

hari kedua survey KP.

jumat 13 Juni 2008, ke tempat KP lagi. baru menyadari trade off antara sistematis dan kemudahan. bener2 nguji kesabaran. gpplah latihan. Berangkat jam 6, naik bus yg biasanya bisa satu jam nunggunya, tadi alhamdulillah cuma perlu 5 menit udah datang. di atas bis berlaku lagi fenomena ini.

nyampe2 ada yg lagi senam, lucu dan seru, semangat banget. ayo ke langkah ke depan… ke belakang. angkat tangannya. satu dua..

dateng2 belum jelas mo ketemu kasubdit TU nya atau kasubdit program, keduanya lagi ga ada. yasu, coba lagi ngoprek2 KAKP, karena belum jelas banget mo bikin apa, masih menggantung si KAKP. sembari nunggu keduanya, coba ngobrol sama mba2 disini, sambil ditemani Hassan. ada yg bisa nebak hassan itu apa? satu beng-beng lagi buat yg bisa nebak.

oiya, ternyata hari ini kebetulan dharma wanita disni ngadain talkshow tentang wanita dan kesehatan, tema : menopause dan kanker servik oleh dr. Mufti Yunus Sp.OG. diajakin sama mbanya, karena bapaknya belum dateng, belum ada kerjaan, ya ikut aja.

ini sedikit yg didapat dari sana :
menopause itu adalah sesuatu yg alami yang akan di alami wanita manapun (kalo umurnya sampai), bukan penyakit. menopause itu sendiri adalah berhentinya haid secara menetap sebagai akibat menghilangnya pengaruh ovarium terhadap tubuh wanita.

gejalanya :
1. haid tidak teratur
2. gejolak panas
3. sukar tidur
4. jantung berdebar
5. pusing dan mudah pingsan
6. kulit keriput
7. gangguan berkemih, inkontinensia, ngompol

masalah yg muncul setelah menopause :
1. gangguan kardiovaskuler (jantung)
2. osteoporosis (tulang jadi rapuh sehingga meningkatkan angka kejadian patah tulang) osteoporosis bisa menyebabkan penurunan tinggi badan, karena tulang jadi bengkok, trus perut jadi buncit.

trus pas sesi tanya jawab, ada yg nanya, cara memperlambatnya, dijawab: dengan penyuntikan

hormon, tapi hal ini mempunyai efek samping resiko kanker payudara. simalakama.

trus tentang kanker serviks atau kanker leher rahim, (di indonesia merupakan penyebab kematian kedua bagi wanita setelah kanker payudara).
faktor resiko :
1. bergonta-ganti pasangan.
2. menikah di usia remaja (15-20 tahun),
3. merokok
4. sejarah kanker di keluarga
5. kekurangan nutrien seprti vitamin A dan folic acid.

gejala dan tanda:
 tanda dini kanker serviks tidak spesifik yang umumnya sangat minimal dan sering diabaikan: sekret vagina yg banyak, berbau, bercak pendarahan.

tanda klasik :
1. pendarahan bercak yang berulang
2. contact bleeding
3. sekret vagina yg berbau
4. stadium lanjut: nyeri yg menjalar sampai ke pinggul, nyeri berkemih, hematuria, pendarahan rektum, edema tungkai bawah, uremia.

pencegahan atau pengobatanya: dengan metoda skrining
1. pap smear.
sel diambil dari serviks dan diteliti di bawah mikroskop untuk mengecek adanya penyakit atau masalah lain.
keunggulan pap smear : sensitivitas tinggi dan false negatif rendah.
kalo di kuliah Kriptografi dan Keamanan Sistem, false negative itu adalah ada penyusup /intruder yang menyusup ke dalam sistem tapi ga diketahui oleh sistem.
partnernya : false positif : aktivitas pengguna yang legal dicurigai sebagai aktivitas yg ilegal.

CMMIW, mudah2an ga jauh beda definisinya di dunia kesehatan.
2. visual inspection with acetic acid / VIA

3. vaksin: mampu meningkatkan upaya melawan penyebaran virus, sebaiknya dimulai usia 9-26 tahun

kapan sebaiknya skrining dilakukan? menrut WHO, minimal 1 kali pada usia 35-40 tahun. kalo memungkinkan: dilakukan setiap 10 tahun pada usia 35-55 tahun. kalo tersedia fasilitas lebih, lakukan tiap 5 tahun pada usia 35-55 tahun. yang ideal dan optimalnya per 3 tahun pada usia 25-60 tahun.
 

kanker serviks ini tidak meuncul begitu saja, tapi memakan waktu bertahun-tahun. namun, bila diketahui lebih awal akan bisa disembuhkan.

// end of talkshow

besok insya Allah mo ke puncak, survey tempat rapat kerja BEM (21-22 Juni 2008), cihui, udah ga sabar niy, jalan2 sambil liat puncak yg hijau2 gitu. asik..asik…

~ gimana kalo balik ke KP ?
~ oiya, KAKP….
 

 
12 Comments

Posted by on June 13, 2008 in Blogroll

 

12 responses to “KP dan talkshow reproduksi

  1. ysp

    June 13, 2008 at 11:55 am

    ada kaitannya dengan ini ya mbak:

    buku, sebuah negeri nun jauh disana, matahari, ribuan, orang baik, sekuel, lanjutan, bocah pelari layangan, kedua, dan KH?

     
  2. iLm@N

    June 13, 2008 at 4:09 pm

    tebakan #1 (nggak serius banget jawabnya)
    Hassan: nama calon suami =P

    tebakan #2 (ini pasti jawabannya, pura2 belum baca tebakan yans)
    Hassan: nama tokoh utama dalam buku yang dibaca, Kite Runner

    tebakan #3 (Allah suka yang ganjil)
    Hassan: nama cucu Nabi Muhammad SAW
    (au ah jawabannya ngaco =P)

     
  3. yud1

    June 14, 2008 at 3:20 pm

    sembari nunggu keduanya, coba ngobrol sama mba2 disini, sambil ditemani Hassan. ada yg bisa nebak hassan itu apa? satu beng-beng lagi buat yg bisa nebak.

    notebook…

    ~one liner😛

     
  4. franova

    June 15, 2008 at 1:06 am

    hahaha….🙂
    mudah-mudahan jawabannya bukan buku..
    dan mudah-mudahan jawabannya yudi diartikan sebagai benar-benar sebuah buku catatan..

    kalau begitu, jawabanya laptop bukan?
    ^_^

     
  5. yud1

    June 15, 2008 at 10:12 am

    *lirik komen di atas*

    hahaha….🙂
    mudah-mudahan jawabannya bukan buku..
    dan mudah-mudahan jawabannya yudi diartikan sebagai benar-benar sebuah buku catatan..

    duh, segitunya…:mrgreen:

    *siul-siul*

    *pergi lagi*

     
  6. Meri

    June 16, 2008 at 5:49 am

    @ ysp : buku, sebuah negeri nun jauh disana, bocah pelari layangan, orang baik–> ok, ada hubungannya.

    tapi, matahari, ribuan, sekuel, lanjutan, kedua, dan KH? maksudnya apa?😕

     
  7. Meri

    June 16, 2008 at 5:51 am

    @ iLm@N: yang serius dunk jawabnya…

     
  8. Meri

    June 16, 2008 at 5:54 am

    @ yud1 : ini asumsi nya sama kaya tebakannya Smile, jadi :

    jreng… jreng..

    ya.. benar..
    beng-beng na kalo ketemu yah..🙂

     
  9. Meri

    June 16, 2008 at 5:56 am

    @franova: ya, bukan buku.
    dan jawaban nya benar..
    beng-beng na minta sama yud1 saja ya.. :mrgreen:

     
  10. yud1

    June 17, 2008 at 4:24 pm

    tadi ketemu…

    tapi nggak dikasih beng-beng… =3

    *kabur sebelum ditimpuk* xD

     
  11. Meri

    June 18, 2008 at 2:12 am

    @yud1: tadi belum ada beng-bengnya.
    nanti deh ditimpuk pake beng-beng..:mrgreen:

     
  12. Meri

    July 11, 2008 at 5:30 am

    @yud1: beng-bengnya nitip Master Hendra. jangan lupa ditagih:mrgreen:

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: