RSS

Recommended book : The Kite Runner

26 May

 

 Mengambil latar belakang di Afghanistan sebelum perang, buku ini membawa kita menyelami persahabatan dua anak kecil, Amir dan Hassan. Amir adalah anak orang berada yang menginginkan diakui oleh ayahnya. Sementara Hassan adalah pelayan Amir, anak suku Hazara, suku yang dijajah oleh suku Pashtun, suku Amir. Ayah Hassan, Ali, adalah lelaki yang mengalami polio parah sehingga jalannya seperti menyapu jalan, dan syaraf wajahnya yang mati setengah, membuatnya tidak bisa tersenyum.

 

Hassan memiliki wajah yang selalu tersenyum. Hassan tidak bisa baca tulis tapi sangat menyukai cerita. Amir yang nakal suka menjahilinya dengan kata2 sulit, untuk mengejek keterbatasan pendidikannya. Pada saat Amir mengubah cerita yang sedang dibacakannya untuk Hassan, Hassan terkesan sekali dan mengatakan itu adalah cerita terbaik yang pernah didengarnya. Sejak itu, Amir memutuskan akan menjadi seorang penulis. Dia menulis dan berharap suatu hari nanti Babanya (ayahnya) sudi memintanya membacakan cerita yang ditulisnya.

 

Prahara di buku ini dimulai dengan festival layang2 di Kabul, saat Hassan mengejar layang-layang putus untuk Amir supaya bisa diserahkan ke Babanya, Hasan berkata “Untukmu, keseribu kalinya”. Kemudian terjadi suatu peristiwa yang menimpa Hassan. Amir melihat kejadian itu dan memilih menutup mata rapat2. Amir telah mngkhianati satu-satunya sahabat, saudaranya. Sejak saat itu, Hassan berhenti tersenyum.

 

Kemudian berbagai peristiwa besar terjadi, seperti perang di Afghanistan, Amir dan Babanya mengungsi, peristiwa di pengungsian dan penebusan dosa yang dilakukan Amir diantara puing-puing kota Kabul.

 

Waduh, tulisan saya masih kurang banget untuk menggambarkan keindahan buku ini. Buku #1 New York times Bestseller ini membuat penulisnya Khaled Hosseini dianugerahi Humanitarian Award 2006 oleh UNHCR. Buku ini tentang kemanusiaan. Dengan brilian. Hosseini menjalin kata2 sederhana yang bisa menguras emosi pembaca. Karakter yang kuat, tidak ada karakter yang terbuang sia-sia. Sebuah buku yang menyihir, memesona dan diceritakan dengan sangat indah.

 

 
5 Comments

Posted by on May 26, 2008 in Blogroll

 

5 responses to “Recommended book : The Kite Runner

  1. dodol

    May 27, 2008 at 4:14 am

    hihi.. judulnya menarik..

    Cari ah…

     
  2. irvan

    May 27, 2008 at 12:24 pm

    setuju…!!!

    keren abis ni buku…

    gw nangis di beberapa bagian…

    lo juga kan Mer…??

    jangan boong lo..!

     
  3. kamal87

    May 27, 2008 at 1:01 pm

    hmm.. jadi penasaran

     
  4. Meri

    May 29, 2008 at 3:23 am

    @ dodol : hebatnya, judul ini sesuai sama ceritanya. simpel tapi universal.

    @irvan : ampun, Bang. ngaku deh.

    peristiwa2 sederhana, seperti : “saat ayah Soraya menghadiri kelas yg diajar anaknya, bahkan sesekali ikut mencatat”, “saat peristiwa yg menimpa hassan di lorong pasar itu”, “kejadian di atas bukit”. kata2nya siy ga puitis2 banget, sederhana malah.

    @ kamal : penasaran? kalo sempet, bisa dibaca tuh. trus pengen denger pendapat kamal tentang beberapa hal di buku ini.

     
  5. Dani

    June 11, 2008 at 6:02 am

    hmm, buku yang oke banget..
    bikin terharu di banyak bagian… T_T
    hahah, nyampah aja ni gw..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: