renungan

remember this

“Sungguh, Aku tidak akan mengeluarkan seseorang dari dunia, sedang Aku bermaksud menyayanginya, sehingga Aku balas semua kesalahan yang pernah diperbuatnya dengan sakit di badannya, musibah pada keluarganya, kesulitan penghidupannya, atau sedikit rezekinya, dan sampai hal yang paling kecil. jika masih ada kesalahan yang tersisa, maka akan Aku beratkan penderitaan matinya, sehingga ketika diserahkan kepada-Ku ia bagaikan saat dilahirkan ibunya.

demi keagungan-Ku, aku tidak akan mengeluarkan seseorang dari dunia, sedangkan Aku bermaksud menyiksanya, sehingga Aku balas, semua kebaikan yang pernah diperbuatnya dengan kesehatan badannya, luas rezekinya, kemudahan penghidupannya, kenyamanan di hatinya, dan sampai hal yang paling kecil. jika masih ada kebaikan yang tersisa, maka akan Aku mudahkan matinya, sehingga ketika diserahkan kepada-Ku, ia tidak memiliki sedikitpun kebaikan yang dapat menjaganya dari api neraka.”

firman Allah dalam hadits qudsi (HR. ad-Dainuri, dalam Imam Jalaluddin al-Suyuthi, Spiritualitas kematian hal 15).

dikutip dari buku Makrifat Cinta oleh Taufiqurrahman al-azizy

Leave a comment